Wednesday 8 August 2012

Mahameru 3676 Mdpl (Lagi) Bagian III

Saya dan Rookie akhirnya menjadi orang terakhir dari kelompok kami yang mencapai puncak. Di tambah lagi rupanya Aris, Koh Yonni, dan si Angga telah melakukan sesi foto ria wah wah gak asik nih. Walaupun saya sangat ingin berfoto dan bergaya (agak narsis sih tapi gak apa-apa ya) tapi karena sangat capek ya sudah lah istirahat dulu saja. Lagian masak mau langsung turun kan masih jam tujuh juga. Selesai istirahatnya saya mengeluarkan camera digital punya aris yang telah saya kasih memory card sendiri yang baru saya beli di senduro dan jeprettt lho lha kok gak metu gambar,e ris (kok gak keluar gambarnya ris) Tanya saya pada si Aris. Lho kok iso cak (lho kok bisa). Aris mencoba mengecek, diganti memory card yang lain dan jeprett lagi ”lho iki iso ngunu” (lha ini bisa gitu). Berarti memory card mu yang eror. Saya hanya bengong hyaakk 50 ribu dan tidak bisa di pakai waduh  perjuangan panjang menuju puncak mahameru nya gak bisa bebas-bebas ganti pose ganti gaya wahhh yah sudah lah ya lagian foto saya yang kemarin juga udah banyak ikhlasin aja deh (tapi gak bener-bener ikhlas).
Akhirnya Puncak

Dua Orang Terakhir

Saya akhirnya menuju tengah dan melihat kawah jonggring saloko dan berharap mengeluarkan kepulan asap yang membentuk cendawan raksasa kan bagus tuh buat sesi pemotretan hehe. Lanjut lagi jalannya melihat in memoriam Soe Hok Gie oh masih utuh. Lanjut lagi ahh mau lihat tiang yang ada tulusannya  Puncak Mahameru 3676 Mdpl. Tapi lho kok gak ada bulan oktober lalu kan masih ada. Wah masak sudah copot ya tapi kan itu besi di tancapin di tanah kuat banget. Ya sudah lah ini kan mahameru apa sih yang gak mungkin. Sudah ah jalan-jalannya istirahat dulu kebetulan anak-anak sudah membuka bekal makanan tuh saya dan Rookie berjalan menuju ketiga kawan yang sudah menunggu di pinggir dengan berbagai makanan yang menggoda (maklum sudah lapar). Saya lihat ada jelli saya coba satu dan kok enak ya satu lagi ahh enak lagi waduh kalo di terusin bisa habis nih tapi saya lihat Rookie terus saja ngambil makanan dia pati lapar ya hahah sedangkan Aris sibuk dengan Rokok dan hasil jepretannya tadi. Koh Yonni merenung melihat indahnya Mahameru, Angga lihat-lihat camera digital nya.
Tiga serangkai

Saya gak ada kerjaan nih ah makan lagi aja tuh cemilan masih banyak kan haha seperti lomba makan dengan si Rookie yang ternyata suka jelli yang di bawah koh Yonni wah ada saingan berat nih lanjut terus ahhh jangan sampai kalah hahah. Akhirnya setelah kenyang dan puas berada di puncak kami turun. Perjalanan turun tidak sesulit ketika kami naik tadi. Tinggal siapkan kaki yang kuat dan sepatu atau sandal gunung yang handal dan siap untuk berseluncur dehh. Tapi tetap prinsip hati-hati dan waspada harus selalu di pegang teguh. Kalau tidak ingin nyungsep atau ngglundung. Sampai di pertengahan tiba-tiba sandal milik Angga jebol waduh gawat tuh saya hanya menyarankan hati-hati ya lalu saya tinggal turun deh hahah. Sebenarnyasaya mau bilang "Makannya pakai sandal punya saya donk nih merk,nya hahah tapi berhubung sombong gak boleh di lakukan di gunung apalagi ini mahameru maka gak jadi deh takut kejadian Merbabu terulang lagi (saat itu saya bilang hal yang sama dan berjalan tiga puluh menit lalu sandal kesayangan saya jebol sesuatu banget deh ya).
Aris Daeng

Lanjut perjalanan dari puncak menuju cemoro tunggal tidak memakan waktu yang lama Cuma sekitar satu jam lebih dikit . selanjutnya melewati kelik dan berhenti sebentar di arcopodo. Di situ kami bercerita-cerita sedikit tentang pengalaman kami naik gunung gunung deh pokoknya tema utama naik gunung. Juga tentang suasana kerja dan lain-lain (saya dan angga diam mendengarkan dengan seksama maklum kami kan masih imut-imut dan belum bekerja) hahah. Koh yonni juga “curhat” tentang sepeda lipat yang baru dia beli hilang dll. Setelah sesi curhat selesai kami melanjutkan ke kalimati. Kira-kira kami sampai kalimati pukul sebelas siang. Total perjalanan turun dari puncak kurang lebih tiga jam setengah begitu kontras dengan ketika kita mau summit attack dari kalimati ke puncak yang membutuhkan waktu kurang lebih tujuh jam.

Arcopodo
Sesampainya di kalimati hal pertama yang kami lakukan adalah langsung mempersiapkan masak laperrr euy. Masakan sederhana dulu deh Cuma buat pengganjal perut buat nanti perjalanan ke Ranukumbolo. Mie instant dan cabai dulu ya kata koh yonni oke deh koh gue Cuma makmum di sini yang masak kan elo (bahasa Jakarta cuy ini khusus buat koh Yonny dan si Ababil Rookie) kalau Koh Yonni wajar ya kan dia orang Jakarta jadi kalo gue pake bahasa jawa dia kagak bakal ngerti tapi kalo buat Rookie hmmmt dia kan ababil yang keseringan lihat sinetron di tipi tipi lokal jadi biar dia seneng aja deh (sorry ya rok tapi fakta harus segera di ungkapkan :p) hahah.ketika sedang asik makan tiba-tiba ada cakyo yang ternyata mau kerja bakti bersih gunung dan mau ke kelik (atas arcopodo). Dia hanya bawa daypack biasa. Oke semangat ya cakyo.
5 pendaki tangguh

Rasa lelah yang amat sangat menjadi alasan tepat istirahat sebentar sebelum melanjutkan perjalanan. Koh Yonni sudah tidur, angga juga udah tidur, Rookie matanya udah merem, tinggal saya aja nih sama si aris yang belum tidur. Tapi akhirnya saya pun juga ikut tidur. Baru tidur sebentar si aris udah teriak-teriak waduh jadi bangun lagi nih. “Onok opo cak” (ada apa cak), “iku onok rombongan cewek”  ( itu ada rombongan cewek). Wah ternyata benar juga akhirnya gak jadi tidur deh.

Pose
Setelah semua bangun kita lanjut dengan packing barang bawaan dan tenda. Sekitar pukul 2 kami langsung tancap gas menuju Kumbolo. Belum lama kita berjalan dan istirahat di belakang ternyata ada cakyo pas lho cepet bener ya nih orang. Akhirnya kita berangkat bareng deh. Sebenarnya dia juga menawarkan untuk bawa,in tas carrier salah satu dari kita yang capek. Sebenarnya ini kedengaran penawaran yang amat sangat menggiurkan yah ahaha. Saya sih dengan tegas menjawab “waduh tas iki harga diri ku cakyo, msok kate mbok gawakno” (waduh tas ini harga diri saya cakyo masak mau situ yang bawain) walau dalam hati bilang capek letih lesu tapi carrier pendaki adalah harga diri yang harus di pertahankan (sok banget ya) hahah.

Packing

Bunga Abadi

Di cemoro kandang kami bertemu dengan mael yang sedang mengantarkan teman-temnnya dari Jogjakarta. Ngobrol-ngobrol sebentar menjadi ritual wajib. Pukul lima kurang kami sampai di kumbolo. Di sini ternyata anak-anak yang ikut acara holiday camp tengah mengadakan acara. Tapi kok kayak acara bocah-bocah pramuka ya. Tapi kalau di pikir-pikir rombongan dari Smada kan anak-anak pramuka jadi ya masuk akal. Kami langsung bergegas membuat tenda karena hari sudah mulai petang. Rencana kami di kalimati yang ingin mandi sepuasnya di Ranukumbolo pun harus kami pendam rapat-rapat dinginnya bukan main euyy. Kalo ada yang mau mandi sih silakan saja tapi saya enggak deh.
Packing dulu
Tenda selesai di bangun dan sekarang saatnya master chef koh Yonni segera beraksi. Menu kita kali ini adalah laksa betawi, daging ayam, telur dengan krupuk pangsit yang sudah di siapkan oleh master chef kita. Oke seperti biasa saya hanya bisa membantu dengan doa ya koh =). Rupanya kami akan pesta besar kali ini. Yang di tunggu-tunggu pun akhirnya matang. Yukk kita makan dulu koh yonni rupanya sedang diet dan tidak mengambil banyak ini sih kesematan buat saya untuk mengambil porsi lebih hahah tapi ternyata si Rookie juga sedang kelaparan tingkat dewa juga.
Makan sudah terus selanjutnya ngapain ya masak mau tidur??? Si Koh Yonni tuh yang sudah tidur sedangkan saya, Aris, dan Rookie ikut ngumpul-ngumpul sama anak PAS dulu sedangkan si Angga kembali ke Gerombolannya dan saya yakin kelompoknya sudah siap dengan omelannya (si Angga ternyata membawa semua persediaan gas kelompoknya). Entah masak dengan apa deh kelompok si Angga itu. Malam ini kami lewatkan dengan ngobrol di pinggir danau indah ini bersama teman-teman yang sangat luar biasa. Ada kipli, Bagus, Danil, Cakyo dll. Sebelumnya saya juga sempat mencari keberadaan teman SMA saya Chorik yang juga ikut holiday camp  tapi setelah saya muter-muter dengan danil gak ketemu ya sudah lah.
Ala Koh Yonni

Hari semakin malam Rookie dan Aris sudah kembali ke Tenda ya sudah saya pamit dulu ke cakyo dan kawan kawan pergi ke tenda dulu. Di tenda ternyata kita siap-siap untuk Radio galau nih hahah. Tapi sepertinya sudah di ceritakan semua di penanggungan. Jadi kami Cuma ngobrol-ngobrol ringan saja. Ketika mata sudah mulai mengantuk, malam semakin dingin maka tenggelam dalam sleeping bag karrimor kesayangan adalah pilihan terbaik. Tidur dulu agar perjalanan besok lancar.

RanuKumbolo
Bangun dan di luar sudah ramai sekali pasti ada banyak orang berpose dan bergaya bak selebritis di luar. Seperti yang kita ketahui sunrise di Ranukumbolo bagus banget. Sebetulnya saya enggan untuk keluar gila hawanya dingin banget maklum lah bulan-bulan juni sampek agustus anginnya kenceng banget. Baru keluar si Koh Yonni udah pamer tenda yang dia tidur.i sudah ada es yang menandakan semalam sangat dingin sekali. Saya aja pake baju rangkep tiga, celana rangkap tiga dan kaos kaki rangkap tiga tidak lupa pakek sleeping bag yang double polar aja masih kedinginan. Tapi itulah serunya berpetualang di gunung mencari sesuatu hal yang benar-benar baru.
Saat kita akan mau masak buat sarapan ternyata rombongan dari Smada udah pulang duluan yaudah lah anak-anak dari PAS juga di sini juga. Habis makan lebih afdol kalo mandi donk. Udah berapa hari ya kami gak mandi heheh. Yuk kita cari tempat yang strategis buat bersih-bersih. Saya cukup mandi di tepian Ranukumbolo aja ya kalian sih terserah mau renang apa Cuma mandi kayak saya. Aris yang dari tadi sibuk jepret sana jepret sini tiba-tiba langsung loncat. Wah hebat juga dia airnya kan dingin banget salut deh ,, tapi lho tiba-tiba dia langsung berenang ke pinggir dan mencari kaosnya buat handuk ternyata dia kedinginan hahah rasain tuh. Saya di ajak buat renang juga tapi enggak deh terima kasih saya gak pandai bernenang makannya maennya ke gunung aja :p.
Menu Sarapan

Renang
Ketika kami kembali semua rombongan sudah pulang lebih dulu padahal kami juga belum packing tapi tenang lah gak mungkin di tinggal juga apalagi sana banyak ceweknya pasti lelet deh dan kekuatan kita kan super cepat. Kami tidak mau terburu-buru lha pemandangan di sini bagus kok. Santai aja ya capek juga sih heheh. Selesai semuanya kami akhirnya bergegas menuju Ranupane. Tidak ada hal istimewa sih dalam perjalanan pulang. Seperti biasa kami berjalan dengan kecepatan super tinggi. Beberapa kali kami menyalip pendaki lain yang sedang istirahat.
Masak Yukk
Kira-kira pukul 15.15 kami sampai di Ranupane tapi kok Rame banget ya ada apa ini???. Lalu saya bertanya kepada kipli dia menjawab kalau orang yang tenggelam di Ranu Regulo seminggu yang lalu sudah di temukan. Memang di ranuregulo seminggu yang lalu ada orang yang berenang di sana dan tenggelam. Sudah seminggi ini timsar dan pasukan katak dari TNI AL turut membantu pencarian korban dan ternyata baru di temukan sekarang.
Evakuasi

Kita ternyata tidak langsung pulang karena harus menunggu yang lain. Ada kejadian lucu ketika saya dan Rookie duduk menuggu truk yang mengangkut kami pulang sedangkan si Aris dank oh Yonni ada di warung sebelah. Saat itu ada mobil polisi yang akan ke Lumajang dan ternyata polisi itu juga menawari rombongan kami kalau ada yang mau menumpang. Karena jumlahya yang terbatas maka ada beberapa orang berebut untuk ikut naik ke mobil patroli tersebut dan tanpa di duga ada anak berbadan besar, berkulit agak hitam, ya boleh di katakana gagah deh tapi dengan wajah yang memelas dan berlari-lari dia berkata “aku melu, aku melu” tooeet lha kok endel banget tuh anak ahahah Rookie dan saya tertawa dengan keras. Aneh ketika ada orang seharusnya gagah dengan badan yang besar tapi berkelakuan sangat endel ckck.
Evakuasi.
Orang Tengger
Karena menunggu rombongan yang belum datang (hanya sekitar 4 orang) akhirnya kami yang rumahnya jauh-jauh dan turun di lumajang akhirnya pulang terlebih dahulu. Saat naik truk saya sudah ambil ancang-ancang untuk naik di atas kepala truk kelihatannya menarik kan. Tapi saya sengaja menunggu Rijaal siapa tau gak boleh. Setelah saya Tanya dan dia pun ternyata duduk di atas aris segera menyusul dan Rijal menuyuryuh saya duduk di sampingnya. Tapi siall Rookie dengan sigap menghalangi saya dan dia melompat lebih cepat ke atas kepala truk . “Hoeyy cok panggon ku iku”  saya sangat emosi saat itu. Itu kan tempat saya, saya yang lebih dulu booking tempat itu , saya juga yang meminta ijin ke rijal tapi kenapa si Rookie Ababil itu yang naik huuh sumpah menyebalkan tuh anak. Apalagi dengan wajahnya yang menyebalkan terus mengejek saya. Dalam hati saya hanya berdoa agar kau masuk angin bung.
Dengan wajah lesu akhirnya saya harus mengakui kekalahan saya. Di temani koh Yonni akhirnya saya memilih tidur saja deh. Saya baru bangun setelah truk berada sedikit di atas desa Burno. Karena jalannya yang terjal dan menyebabkan truknya goyang. Sesampainya di senduro truk berhenti sebentar. Lalu melanjutkan perjalanan menuju Lumajang. Di  senduro kembali si Rookie menampakan wajah menyebalkannya yang dengan bangga bisa duduk di atas kepala truk kali ini di Bantu dengan aris dan rijal,,, lho ya saya di kroyok deh  saya hanya diam dengan sedikit senyum-senyum. Apalagi ketika saya di olok-olok dengan anak SMK waduh tambah deh mungkin diam adalah cara yang paling baik. Tapi sekarang Dika juga ikut-ikutan wah wah tambah deh penderitaan.
Rookie, Aris, Rizal
Setelah perjalanan panjang kami pun sampai di Embong Kembar dan kami turun di situ. Rute selanjutnya adalah naik bis turun wonorejo. Tapi ternyata si Rookie langsung lanjut ke Surabaya sedangkan si Aris dan Koh Yonny mampir dulu ke rumah saya. Oke lah kawan walaupun kau sudah mengambil jatah kursi saya di kepala truk tadi tapi saya selalu mendoakan keselamatan bagi mu. Selamat bertemu lagi. Saya, Aris dan Koh Yonni sampai di rumah sekitar pukul 20.00. Setelah memindah file foto-foto akhirnya kami tidur.
Ranuyoso 07.00 Wib
Pagi itu kami Aris dan Koh Yonni berdiskusi tentang kemungkinan mendapatkan surat sakti (surat keterangan dokter) yang bisa buat ijin kepada perusahaan mereka masing-masing. Mereka pun bertanya kepada saya apakah bisa buat di sini. Saya gak bisa memastikan karena saya tidak pernah pakai surat seperti itu sebelumnya. Akhirnya mereka memutuskan buat di Surabaya saja lah biar enak.
Rencananya mereka berdua akan pulang siang ini tapi saya mengajak mereka ke Ranubedali dulu. Awalanya saya dengan Aris naik sepeda Cuma lihat dulu dan dia bilang bagus sih dan ngajak koh Yonni juga. Akhirnya kami bertiga berjalan kaki ke Ranubedali. Ya lumayan lah Cuma 10 menitan juga.
Sesampainya di sana kami langsung turun ke kolamnya. Di sekitar Kolam peninggalan belanda yang sekarang sudah di renovasi itu terlihat beberapa anak kecil yang bermain dan berenang di situ. Si Aris sibuk dengan kameranya koh Yonni lagi menikmati refleksi dari ikan kecil-kecil yang asik mengerubungi kakinya sedangkan saya ya nostalgia saja lah.
Ranubedali
Sebenarnya koh yonni mengajak kami untuk turun kebawah tapi si aris menolak dia sudah terlalu capek rupanya. Yaudah kita kembali ke rumah saja deh. Sesampainya di rumah mereka langsung packing dan beres-beres. Mereka akan langsung pulang siang ini juga. Setelah semua beres dan berpamitan akhirnya mereka pun meneruskan perjalanan ke Surabaya. Selamat jalan kawan Sampai jumpa di ekspedisi selanjutnya =) salam lestari.

DILEMA QUARTER LIFE CRISIS

di usia mu yang menginjak dua puluh tahunan apalagi yang sudah dua puluh lima tahun  kamu pasti merasakan hal-hal yang serba dilematis, d...