Tuesday 22 April 2014

B29 Pesona Negeri di Atas Awan

Gerbang Desa Argosari 
Taman Nasional Bromo Tengger Semeru merupakan salah satu taman nasional yang berada di daerah JawaTimur dengan luas wilayah sekitar 50.276,3 ha taman nasional ini berada di wilayah administrative kabupaten Malang, Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan. Wisatawan bisa melihat keindahan gunung bromo dan menapakkan kakinya di gunung tertinggi di pulau jawa yaitu semeru selain itu kita bisa melihat keindahan Pananjakan dan air terjun Madakaripura yang konon merupakan tempat moksa patih gajah mada.
Puncak B29
Tetapi siapa yang mengenal B29 ? mungkin jika kita di Tanya apa itu B29 banyak orang yang akan menjawab tidak tahu. B-29 adalah kawasan tertnggi di daerah kaldera Bromo dengan ketinggian 2900 Mdpl. B29 masih merupkan bagian dari taman nasional bromo tengger semeru, terletak di desa Argosari Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang. Dengan ketinggian 2900 meter di atas permukaan laut puncak B29 lebih tinggi daripada gunung bromo yang mempunyai ketinggian 2392 Mdpl. Terletak di sisi tenggara gunung bromo, pemandangan yang indah akan segera anda rasakan sesampainya di sana.
Puncak B29
Jika anda ingin pergi ke sini, anda bisa mengendarai kendaraan pribadi karena tidak ada angkutan umum yang menuju ke sana. Dari kota Lumajang anda bisa langsung menuju kecamatan senduro, setelah itu anda bisa langsung menuju desa Argosari. Pastikan kendaraan yang anda pakai dalam kondisi yang prima, karena sepanjang jalan anda akan menemui jalan yang terjal dan jalanan juga agak rusak. Sangat tdak disarankan anda membawa sepeda motor matic karena sangat riskan sekali dengan jalanan yang menanjak, bisa-bisa sepeda motor anda tidak mampu melanjutkan perjalanan. Lebih baik membawa sepeda motor bebek atau sepeda motor yang kuat untuk medan-medan yang terjal.
Puncak B29
Sebenarnya ini bukan perjalanan pertama saya ke sini, iya ini yang kedua di ajak wahyu dan ryan akhirnya saya nurut ikut juga. Sebenarnya sih agak malas mau kesana lagi bukan apa jalannya gak bersahabat sekali tapi akhirnya ikut juga sekalian menuntaskan perjalanan saya yang belum sampai puncak waktu itu hehe. Pertama ke sini pas tahun baru dan belum sampai puncak karena hujan deras dan kabut cinta menyelimuti *apa sih haha*. baca ceritanya disini
Ada Bunga Edelweis juga lho :D
Sesampainya di desa Argosari anda bisa menitipkan kendaraan anda di rumah paling dekat dengan bukit, di sana anda akan disambut dengan senyuman ramah penduduk desa yang sebagian besar merupakan penduduk suku tengger.Setelah menitipkan sepeda anda harus berjalan kira-kira 15 menit untuk menuju puncak. Sesampainya di puncak B29 anda dapat melihat Gunung Bromo dan Gunung Batok secara jelas perjalanan yang panjang dan melelahkan  akan segera terbayar lunas dengan keindahan yang ada di depan mata. Anda juga akan di suguhi pemandangan yang sangat indah. daerah yang begitu tinggi seolah-olah anda berada di atas awan. Tidak salah jika pemerintah kabupaten lumajang memberi nama wisata diatas awan.  Anda juga akan bisa melihat hamparan petani sayuran khas daerah dengan karakteristik pegunungan. Jangan lupa untuk membawa jaket yang agak tebal karena memang suhu di daerah pegunungan agak lebih dingin di banding dengan daerah tempat kita tinggal.
INDONESIA
Oh iya sedikit tips jika anda sudah menemukan pertigaan desa Argosari sebaiknya anda belok ke arah kanan yang melewati desa Argosari, kenapa saya memberi tips ini karena biasanya jika sampai di pertigaan itu akan banyak warga sekitar yang menunjuk arah lurus bukannya belok. Sebenarnya sih sama-sama menuju puncak B29 tapi jalan yang lurus lebih susah dan jalannya cetar membahana badai banget jadi warga di situ memanfaatkan ketidaktahuan kita agar kita menyerah dengan jalan yang terjal tersebut dan menggunakan jasa ojek yang agak sedikit memaksa tersebut.
Bersama Pak Ngatimin 
Tapi gak semua orang sana gitu kok, Pak ngatimin salah satunya orang yang mempunyai rumah paling ujung di desa argosari ini begitu ramah dan aaahhh Indonesia banget deeh hehe, dia bercerita sebenarnya ada tiga titik yang bagus selain puncak B29 tapi 2 yang lainnya mungkin sangat jauh di pedalaman sih yah, dan masyarakat di sekitar sini menyebut puncak B29 dengan sebutan puncak songolikur.

 
Desa Argosari
Orang-orang Tengger

20 comments:

  1. bener - bener kern ya??? rencana ada akhir - akhir bualan ini

    ReplyDelete
  2. Keren kok, mampir aja kesana, kalo bisa sih datangnya pagi aja atau sekalian camp disana ntar dapat sunset sama sunrise nya :D

    ReplyDelete
  3. sayang kmren k bromo gak sempet k sana..jd pengen balik lgii

    ReplyDelete
  4. untuk yang belum pernah kesini, gak bakalan nyesel deh sma pasangan biar lebih romantis..

    ReplyDelete
  5. Apakah mobil pribadi bisa sampai ke desa terdekat (rmh Pak Ngatimin) atau hny kendaraan roda 2 saja yg bisa lewat sana?

    ReplyDelete
  6. sayang banget kalo belum mampir kak lain kali mampir pasti lebih asiik
    iya apalagi kalo buat prewed :D

    Kalo buat roda 4 kayaknya sulit mas soalnya jalannya terjal banget kalo mobilnya yang 4WD bisa mungkin

    ReplyDelete
  7. ada kontak yg bisa di hubungi?
    saya ingin tahu info lebih lengkap tentang negri atas awan.
    saya sangat tertarik untuk mengunjungix.
    ini email saya, johanchickox@gmail.com
    terimakasih untuk infox... sangat menarik...

    ReplyDelete
  8. Kemarin hbs dr sn, wow bgt deh............meskipun naek ojek Yang mahal, jalanx ancur bgt, tp smp atas bnr2 puas bgt, top dah.

    ReplyDelete
  9. kalau dari stasiun atau terminal kota lumajang, beneran gak ada transportasi umum yang bisa nganterin sampai ke B29 ?
    atau minimal sampai desa argosari lah

    please reply, thx
    email dimas.samid90@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf mbak lama balesnya udah jarang nge blog hehe, kalo cumak sampai senduro mah ada tapi kalo sampai argosari gak ada

      Delete
  10. Mau tanya mas. Kalo mau ke b29 itu apa bisa ditempuh dengan sepeda motor? Atau harus ganti kendaraan?
    Mohon dibalas di yogaaditama17.eya@gmail.com mas. Terima kasih sebelumnya..

    ReplyDelete
  11. Mas ferry saya mau nnya dong, insyaallah saya bulan agustus mau kesono . nah saya sih rencananya menggunakan kereta dan trun dri malang, namun setelah dstu saya ga tau lagi mas rute dan transportasinya menuju kesono . mohon bantuannya ya mas . bisa dibalas ke e-mail saya aja mas . terimakasih
    rgilang421@gmail.com

    ReplyDelete
  12. kalau gak bawa kendaraan sendiri sih emang susah mas, kalau dari malang langsung aja naik bis ke lumajang turun terminal wonorejo, terus ganti angkutan ke senduro adanya cumak colt mas itu pun adanya harus siang hari, nah dari senduro ke argosari nya yang susah bisa paling naik ojek tapi ongkosnya ya gitu deeh

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  15. Amazing, kata ini sudah cukup mewakili kekaguman kami di puncak B 29 saat matahari terbenam dan terbit sungguh mengagumkan. Petualangan mengesankan dari mendaki bukit dan mendirikan tenda di camping ground puncak b29 sungguh pngalaman dan petualangan yang tak terlupakan bagi rombongan Travel Surabaya Lumajang kami.

    ReplyDelete

DILEMA QUARTER LIFE CRISIS

di usia mu yang menginjak dua puluh tahunan apalagi yang sudah dua puluh lima tahun  kamu pasti merasakan hal-hal yang serba dilematis, d...