Saturday 4 January 2014

Surga di Puncak Gunung Lamongan 1671 Mdpl Part II

Mendung dan gerimis yah perpaduan yang sangat mesra kami lihat siang itu dan hal itu cukup membuat iman kami goyang. Akankah terus menuju puncak atau cerita habis sampai disini. Akhirnya dengan diskusi kecil kami putuskan menerjang hujan. Naik angkot dan turun di plawangan klakah selanjutnya jalan menuju mbah citro. Jangan tanyakan seberapa jauh jarak antara plawangan dengan mbah citro karena saya akan mendatangi anda dan berteriak “sangaaaaatttt jaaauuuhh”. Ujan gerimis setia menemani, gak ada angkot bukan berarti kita menyerah dengan keadaan guys, kita keluarkan jurus terakhir yaitu yaahh gandooll atau nggandol atau apa lah nyebutnya hehe.
Biarpun hujan tetep gaul cuuyy
Dua kali kami nggandol and finally kita sampek juga di jalan setapak menuju mbah citro. Udaah dekat berarti donk eiitss tunggu dulu masih jauh beroohh. Jalan, jalan dan jalan lagi sekitar pukul 3 wib saya mengajak giman buat sholat dulu karena saya tau di mbah citro gak ada air. Semakin masuk semakin masuk semakin jarang kita temui rumah-rumah warga tapi seingat saya ada satu Musholla di pinggir jalan, Mampir musholla dulu di desa papringan klakah, setelah tengak tengok kok gak ada kamar mandinya, akhirnya saya minta air di rumah pinggirnya dan harus nimba di sumur sendiri. Setelah sekian lama menimba kok gak nyampek-nyampek nih bak air, sambil terus nimba dengan cengar-cengir sambil menatap orang di depan saya dan ternyata dia pun mengerti kegelisahan saya dengan entengnya dia menjawab *dengan bahasa Madura* bahwa dalamnya tuh sumur 35 Meter buseett daaahhh saya melongo sejenak. Tiba-tiba saya takut nyebur cuy haha bayangin gak lucu donk jatuh di sumur dengan kedalaman 35 meter.
Istirahat sejenak di mbah citro
Setelah sholat selesai lanjut jalan dan sampek di mbah citro sekitar pukul 4 atau setengah lima entahlah saya lupa. Karena harus menunggu Kipli dan bagus akhirnya kami berlama-lama di sini. Mengisi waktu luang entah kenapa si Rookie kalo sedang kalah bicara selalu bicara snap, snap, snap sambil goyangin tangannya *gak bisa di deskripsikan karena terlalu rumit* haha. Saya dan giman hanya bisa berpandangan satu sama lain dan ketika kita sedang berpandangan satu sama lain saya tahu pasti ada ide gila yang akan keluar hahah kami yang sudah muak melihat ulah si Rookie cumak bisa menahan amarah sambil nyaipin shot gun masing-masing lalu jediaaaarrrr itulah akhir riwayat si Rookie istirahatlah dengan tenang guys *bruuaaakk tiba-tiba carrier melayang* haha sorry guys tadi Cuma bercanda kali tapi kamu tetap jadi target no 1 saya dan giman yang no 2 dst deh haha. Si Aris dan si Yogi kelihatan lebih anteng daripada kami bertiga.
Aw aw itu bulunya kok kayak keset man hahaha

Sekitar pukul tujuh malam Kipli dan Bagus datang akhirnya setelah di tunggu hampir 3 jam kalian datang jadi juga nih muncak ke Lamongan. Setelah ngopi dan membiarkan dua sahabat kami ini beristirahat kami mulai perjalanan menuju watu gede. Hampir 5 tahun saya gak pernah kesini lagi sejak terakhir jadi Sweeper (Sweeper itu orang yang jalan paling belakang di dalam rombongan, tugas mereka adalah memastikan bahwa tidak ada adek2 angkatan mereka yang tercecer atau pisah terlalu jauh dari rombongan inti) pas nemenin adek tingkat ngambil scraft rasanya sudah banyak yang berubah terutama jalur sebelum watu gede. Dulu sih seinget saya hutan yang cukup lebat naah sekarang udah gundul entah apa yang terjadi.
ENTAHLAH
Sempat salah arah beberapa kali tapi Intuisi Kipli tepat banget *padahal sama-sama pernah dua kali naik gunung Lamongan tapi tetep aja kalah sama si Kipli -_-“*. Jalurnya langsung nanjak dan tanahnya banyak yang berlubang lucu sih kalo liat anak-anak pada kejatuh hahah tapi kalo pas saya sendiri yang jatuh lama-lama jengkel juga sih haha. Sebelum watu gede kita harus melalui jalur yang namanya Watu telek  kalo di bahasa Indonesia kan (Watu = Batu, Telek= Tai, kotoran manusia)  Batu Tai atau Batu EEK kebayang kan hahahaha sumpah kalo saya ketemu dengan yang memberi nama jalur ini dengan nama watu telek saya sudah berimajinasi buat menginterogasi orang itu atau menyiramnya dengan telek mungkin hahaha Canda beroohh. Emang sih jalur si watu telek ini Batu-batu yang runcing-runcing gitu kayak permadani batu gitu gak ada tanahnya sama sekali jadi harus hati-hati kalo lewat situ kalo jatuh mah ya tanggung resiko sendiri. Tapi kok iya tega menamainya dengan watu telek haha gak abis pikir deh masak iya eek nya runcing-runcing gitu haha udaaahh aahh daripada di lempar bata ntar.

Sekitar pukul 9 kami sampai di Watu gede, dulu banget pas masih jaman jahiliyah kalo naik ke gunun lamongan dan istirahat di sini tidur beralaskan tanah, dan beratapkan langit udah tanpa sleeping bag, tanpa matras apalagi tenda haha kalo inget itu mah sumpah kok nekat banget dulu sih ya. Disini kami langsung mendirikan tenda dan santai-santai dulu lah sebelum ntar naik. Rencananya sih kami mau naik pukul 1 dinihari. Sebelum itu biasalah kami habiskan waktu dengan cerita-cerita gila dan entah kenapa tidak ada malam keakraban seperti biasanya. Seharusnya sih giliran yang akan jadi malam keakraban sih si Yogi, secara dia kan “anak baru” dan si Rookie udah Nunjuk-nunjuk idungnya mulai dari mbah citro tadi buat cerita dan Rookie udah mempersiapkan materi wawancara dengan seksama adil dan bijaksana kok malah gak jadi yaa rejeki si Yogi lah haha.
Ranuklakah, Ranupakis dan Semeru tampak dari Lamongan

Malam semakin larut kitapun sudah kehabisan topic buat dibahas sepertinya haha akhirnya satu persatu tidur pulas sendiri-sendiri deh. Karena buka tenda nya cumak satu doank akhirnya si Aris dan Kipli tidur di tenda yang lain di watu gede dengan di bawah bintang yang cerah dan kelap kelip lampu kota Lumajang So sweet banget kan haha. Karena saya males ambil Sleeping Bag akhirnya saya ndusel-ndusel *apa sih bahasa Indonesia nya* di antara Yogi dan Rookie berharap mereka masih punya sedikit hati dan kebaikan untuk membagi sedikit kehangatan di malam itu *jiaaahhh melas banget*.
Kipli pun lemes saudara-saudara

Kalo udah kedinginan gitu jangan harap deh bisa tidur tenang mana lagi si Rookie selalu narik Sleeping Bagnya aduuuhh sempak mamel bener tuh si bocah yaudah akhirnya tak Tarik dikit-dikit lagi biar dia gak ngerasa, hahah mau ambil My beloved Sleeping Bag juga males banget udah Posisi Wenaakk banget siiih haha. Bisa tidur sebentar aja tiba-tiba ada rombongan pendaki lain yang datang rame pula dan ketika mereka udah pada tenang dan tidur semua tiba-tiba saya dengar suara Lolongan Srigala sumpaaahh itu Lolongan serigala bukan anjing arahnya dari bawah siihh entah lah itu serigala atau anjing hanya tuhan yang tahu. Akhirnya sih saya memilih cueekk gak ngurusss udah ngantuk banget gini kok.  Kok malah Horor haha jadi inget adek angkatan saya yang tiba-tiba kesurupan di watu gede dan itu pass di samping saya hlaaaaaaaaarr udaaaaahhh skip skip lanjut tidur aja deh.