Friday 29 November 2013

Ketika The Sunrise Of Java Tenggelam oleh Pengamen


The Sunrise of Java slogan yang selalu didengung-dengungkan oleh pemerintah kabupaten banyuwangi sebagai tagline kota mereka untuk menarik wisatawan berkunjung ke kota paling ujung di jawa timur ini seolah tak berarti apa-apa. Kota yang seharunya menjadi kota tempat matahari terbit malah tenggelam oleh ganasnya pengamen-pengamen mereka.
Waktu itu ketika saya mau ke bali otomatis lewat banyuwangi donk, naik bis ekonomi sih, masuk daerah banyuwangi udah banyak pengamen yang naik. Saya sih udah biasa dengan pengamen ya iya lah udah sejak SMP biasa naik bis sendiri cuy sampek kuliah pun sering banget naik bis apalagi naik bis ekonomi yang otomatis mempertemukan saya dengan mereka *baca pengamen*.
Saya sih fine-fine aja ketemu mereka malah kadang dulu pas SMP sambil nunggu bis di terminal wonorejo suka banget dengerin mereka nyanyiin lagunya koes plus *yang sampek sekarang saya gak tau judulnya*. Sampek berlanjut kuliah dan setiap minggu sering pulang hehe saya punya prinsip kalo ngasih pengamen di bis kalo lagunya mereka enak dan ngamennya gak asal-asalan saya kasih kalo gak yaudah lewat aja deh lu. Sepanjang perjalanan selama ini saya gak pernah sih ketemu sama pengamen-pengamen yang gak ngenak,in hati. Sampek saya lewat Banyuwangi sini buseet deehhh pengamennya ganas-ganas cuy.
Ilustrasi cuy kalo yang ini mungkin pengamen yang baik 

Puncaknya adalah ketika di terminal Jajak, Saya gak pernah ngalamin yang lebih ganas di sini sih bayangin aja sekali naik mereka ber lima dan jadi dua sesi *udah kayak diskusi ilmiah aja kan*. Pengamen pertama nyanyi dan kebanyakan gak niat nyanyi udah gitu minta uangnya maksa bangett selesai pengemen pertama gak selang 1 menit kemudian pengamen yang kedua langsung nyanyi lagi sumpah deh nyebelin banget bukan masalah lagunya yang saya gak suka tapi cara mereka narik-narik baju sambil ngancem itu lho. Mana yang ngamen tatoan sama tindikan dan bawa alat musiknya ada yang dari besi wiihhh.
Bahkan pernah saya sempet tertidur di bis *Wajar banget kan biasanya kalo capek langsung tidur di bis* nah itupun masih di bangunin cuy bikin emosi banget kan. Jadi dapat saya simpulkan bahwa di sini pengamennya bukan para seniman jalanan yang mengais rejeki tapi preman yang mengambil alih profesi para seniman jalanan *eaaakkk omong apasih heheh ya pokoknya gitu deh*.
Jadi kalo gitu kapok ke Banyuwangi ?? Enggak juga siiihhh ya karena Banyuwangi menyimpan berjuta keindahan. Saya pernah ke Ijen yang subhanallah bagusnya. Saya juga pengen ke Taman Nasional Meru Betiri, melihat festival tari gandrung, atau melintasi Pantai SukaMade yang katanya masih hijau dan jarang terjamah orang dan tentunya teluk ijo yang Indah sampek-sampek di juluki dengan Green bay itu.
Saran saya sih buat pemkab Banyuwangi ditertibin dulu tuh pengamen-pengamen buasnya, karena wisatawan gak mungkin kan naik mmobil atau sepeda motor semua, tentu ada juga yang naik bis apalagi bis ekonomi jangan sampek potensi wisata yang bengitu besar rusak karena segelintir pengamen *cieehh siapa saya cobak berani-beraninya ngasih saran sama pemkab banyuwangi haha*. Yaudah deh ya sekian tulisan kali ini Come On The Sunrise of Java You Can Do It.


3 comments:

  1. Wah, masa pengamennya sampe segitunya sob ? Meskipun saya juga sering bepergian di kota - kota di Banyuwangi, kayaknya pengamennya masih aman aman aja sob. Gak galak kayak gitu -___-

    Bener banget sarannya nih, mereka, pengamen yang kasar berarti hanya kelompok kecil dan lebih mudah untuk di tertibkan. Terima Kasih atas sarannya sob ^^

    ReplyDelete
  2. nah semoga ini sampe ke pemkab banyuwangi, buat kemajuan banyuwangi juga kan...

    ReplyDelete
  3. Artikel Kecil : haha mungkin ane pas apes aja kali yah, tapi beneran kok
    ya kan sayang banget kota yang indah kayak gitu rusak cumakgara-gara pengamen

    Yoga : hahah iku tugas mu menyampaikan yang benar eaakkk jediaarr hahaha

    ReplyDelete

DILEMA QUARTER LIFE CRISIS

di usia mu yang menginjak dua puluh tahunan apalagi yang sudah dua puluh lima tahun  kamu pasti merasakan hal-hal yang serba dilematis, d...