Thursday 7 March 2013

Candi Borobudur Atau Stupa Borobudur


Siapa yang tidak kenal candi Borobudur? Candi kebanggaan masyarakat Indonesia ini adalah candi terbesar di Dunia. Candi Borobudur di dirikan sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra. Candi Borobudur merupakan candi yang di dirikan oleh umat Buddha Mahayana. Lalu apa kaitan antara kata Candi Borobudur atau Stupa Borobudur. Menurut arti kata candi berasal dari kata candika, yang merupakan salah satu nama untuk dewi  Durga dan di dalam agama Hindu dewi Durga sendiri merupakan dewi maut. Jadi bangunan candi sendiri berhubungan erat . terkait dengan hal itu Candi memang merupakan tempat yang di buat khusus untuk memperingati atau menghormati orang yang telah wafat, terutama raja atau orang terkemuka di sebuah kerajaan. Akan tetapi  candi sebagai tempat pamakaman hanya terdapat dalam agama hindu saja. Sedangkan dalam agama Budha candi atau stupa di maksudkan sebagai tempat pemujaan dewa saja. Di dalam candi orang Buddha juga tidak ada pripih sebagai tempat menyimpan abu jenazah atau benda-benda lain milik orang yang di semayamkan di situ.
Sedangkan Stupa sendiri berasal dari sebuah kata dalam bahasa sansekerta stupa yang secara harfiah berarti tumpukan atau gundukan. Kata tumpukan disini mengacu pada tumpukan tanah atau batu-batu yang dibangun untuk tujuan-tujuan tertentu. Arti kata dalam kamus besar bahasa Indonesia stupa berarti bangunan dari batu yang bentuknya seperti genta, biasanya merupakan bangunan suci agama Buddha (tempat menyimpan relik atau benda-benda suci sang Buddha). Di India, Negara di mana agama Buddha berasal praktek mendirikan stupa merupakan suatu tradisi yang berlangsung sejak ribuan tahun yang lalu, Stupa merupakan salah satu dari objek religius terpenting, khususnya untuk Buddhisme aliran Vajrayana. Objek ini, dalam berbagai aspek ajaran Buddha, mempunyai tingkatan makna yang berbeda pula.
Jika mengacu pada tulisan di atas seharusnya kurang pas jika kita menyebut dengan kata candi Borobudur, dan seharusnya lebih tepat di sebut dengan Stupa Borobudur karena Borobudur sendiri merupakan bangunan peninggalan umat Buddha. Borobudur juga merupakan salah satu objek paling religius umat Buddha di Indonesia. Terlepas dari penggunaan nama candi Borobudur atau Stupa Borobudur kita tetap bangga dan harus selalu ikut melestarikan keberadaan candi atau Stupa terbesar di dunia tersebut.

NB : Info di peroleh saat saya ke borobudur dan mendengar kan tour guide saya dengan seksama dan dengan penelitian dari internet yang saya lakukan :D


1 comment:

  1. kenapa kamu kesana gak ajak ak joe.. pengen banget saya kesana.....

    ReplyDelete

DILEMA QUARTER LIFE CRISIS

di usia mu yang menginjak dua puluh tahunan apalagi yang sudah dua puluh lima tahun  kamu pasti merasakan hal-hal yang serba dilematis, d...