Monday 28 January 2013

PALAGA (Pecinta Alam SMA Tiga Lumajang)




Palaga adalah organisasi Intra Sekolah SMA Tiga Lumajang. Menurut Mbak Lilik salah satu angkatan perintis yang ikut membidani lahirnya Palaga organisasi ini Di bentuk pada 14 Februari 1998-1999 tangggal itu merupakan awal perjuangan mendirikan Palaga namun karena beberapa hal akhirnya Dies Natalis Palaga di peringati pada tanggal 22 Februari. Palaga didrirkan oleh sekelompok siswa-siswi SMA 3 Lumajang yang peduli dengan kondisi lingkungan dan alam yang secara terus menerus di eksploitasi tanpa adanya timbal balik yang sepadan, Selain juga memiliki kesenangan dan juga hobi yang sama yaitu kegiatan outdoor. Anggota-anggota awal ini di sebut sebagai angkatan perintis yang antara lain terdiri dari Mbak lilik, Angga, Joko, Dimas, kurniawan dkk awal berdiri Organisasi ini di bina oleh bapak agus dan ketua umum di pegang oleh Kurniawan. 

Palaga sendiri seperti layaknya organisasi-organisasi lainnya pasti pernah mengalami sebuah pasang surut dalam perkembangannya. Mulai dari konflik antar anggota, pergantian Pembina, sampai ketidak cocokan dengan pihak sekolah yang terkesan membatasi kegiatan Palaga. Tapi hal itu harus kita syukuri “blessing in disguise” kata kerennya. Jika tidak ada masalah yang menimpa palaga mungkin kita sebagai anggota akan tetap saja tidur, kurang berbuat sesuatu dan biasa-biasa saja. Masalah itulah yang semakin membuat kita dewasa, kompak dan tetap bertahan sampai sekarang.

Bongkar pasang ketua umum dan susunan struktur organisasi menjadi ritual setiap tahun ibarat kayu bakar yang menjadi bahan bakar tungku para anggota yang sudah senior diganti dengan para junior. Hal ini bertujuan untuk memberikan anggota yang lebih junior pengalaman dalam mengelola organisasi karena cepat atau lambat para anggota senior tentu akan lulus dari SMA 3 Lumajang dan tentu saja secara otomatis mereka tidak bisa lagi menjadi pengurus dan akhirnya mereka menjadi anggota luar biasa (ALB). 

Untuk sistem perekrutan anggota sendiri Palaga melakukannya setiap tahun. Sebelum menjadi anggota baru para “calon anggota” palaga di didik dan di gembleng oleh para senior mereka. Para calon anggota baru  di beri ilmu-ilmu dasar dalam melakukan sebuah perjalanan di alam bebas mulai dari navigasi darat, survival  dll. Biasanya di lakukan di hutan jati krasak atau tempat lain menyesuaikan dengan kondisi yang memungkinkan. Setelah menjalani diklat lapangan para calon anggota baru belum resmi menjadi anggota palaga, mereka harus mengambil scraf palaga di puncak gunung Lemongan (1671 Mdpl). Dalam pengalaman pertama kali mereka mendaki gunung ini tentu mereka tidak berjalan sendiri mereka di damping oleh senior-senior mereka untuk memastikan keselamatan mereka.

Dalam kesehariannya sendiri Palaga menganut Etika yang di sepakati oleh semua Pecinta alam dan di sahkan di ujungpandang pada 24 Januari 1974 dalam Kode Etik Pecinta Alam yaitu :
Ø  Pecinta alam Indonesia sadar bahwa alam beserta isinya adalah ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.
Ø  Pecinta Alam Indonesia sadar bahwa Pecinta alam sebagai makhluk yang mencintai alam sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa.
Selain kode etik pecinta alam di atas di dalam palaga sangat di tekankan tentang prinsip dasar dalam kegiatan kepetualangan yaitu : Take Nothing but picture, Leave nothing but footprint, Kill Nothing but time. Palaga sendiri mempunyai slogan alam ku, alam mu alam kita semua slogan ini selalu di tanamkan kepada anggota baru untuk mempresentasikan bahwa bumi kita hanya satu dan kita semua wajib menjaga kelestariannya.
Fasilitas yang di miliki oleh Palaga sendiri sekarang terbilang lebih lengkap untuk ukuran kabupaten Lumajang. Sekarang mereka sudah memiliki wall panjat diding sendiri yang berada di lapangan tengah sebelum ini para anggota palaga yang ingin melatih kemampuan mereka harus pergi dulu ke Stadion dan menyewa wall yang berada di stadion semeru Lumajang bersyukurlah bagi para  anggota yang sempat menikmati fasilitas ini rawat dan jagalah wall yang telah di perjuangkan oleh senior-senior kalian terdahulu. Sekian dulu untuk tulisan kali ini semoga bermanfaat

Salam Lestari

1 comment:

  1. ini mas buat tambahan koleksi foto palaga. aku dan scraft palaga, Gunung Arjuna (3339mdpl) th. 2010.

    http://www.facebook.com/photo.php?fbid=160941573916965&set=a.160940613917061.38847.100000033716541&type=3&src=http%3A%2F%2Fsphotos-d.ak.fbcdn.net%2Fhphotos-ak-prn1%2F61959_160941573916965_7458535_n.jpg&size=720%2C540

    ReplyDelete

DILEMA QUARTER LIFE CRISIS

di usia mu yang menginjak dua puluh tahunan apalagi yang sudah dua puluh lima tahun  kamu pasti merasakan hal-hal yang serba dilematis, d...